“Jika Anda merencanakan sesuatu untuk setahun, tanamlah benih. Jika untuk sepuluh tahun, tanamlah pohon Jika selama seratus tahun, didiklah manusia. Bila Anda menabur biji sekali, Anda akan menuai panen tunggal. Ketika Anda mendidik manusia, Anda akan menuai seratus kali hasil panen” Kuan Chung

Saat ini, ada peningkatan kesadaran akan pentingnya anak-anak sebagai unsur penting untuk membangun peradapan perdamaian dan toleransi. Meskipun anak-anak adalah 25% dari populasi, tetapi mereka adalah 100% dari masa depan. Mengajarkan karakter yang baik pada anak-anak bisa berdampak permanen, seperti seseorang mengatakan “Seorang anak usia dibawah tujuh tahun disiapkan untuk hidup untuk 80 tahun mendatang”.

Karena itu, kami mengundang semua perusahaan, individu, atau organisasi yang tertarik untuk menjadi champion dalam membangun masyarakat yang berkarakter, cerdas, dan kreatif. Kontribusi Anda akan menjadi sumbangan abadi yang manfaatnya akan terus mengalir

untuk masyarakat secara berkelanjutan (amal jariah).
Perusahaan atau masyarakat bisnis bisa membantu program-program IHF, terutama program Semai Benih Bangsa sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial (CSR).

  • Selain tujuan langsung dari bagian humas perusahaan untuk mendapatkan penerimaan dan dukungan dari masyarakat setempat, keberadaan perusahaan selayaknya juga memberikan eksternalitas positif bagi masyarakat sekitar yang dapat mendorong masyarakat lokal untuk dapat menemukan kembali kekuatannya agar bisa maju secara mandiri. Oleh karena itu, setiap upaya untuk meningkatkan kebajikan dalam masyarakat seyogyanya bisa menjadi misi suci dari seluruh komunitas bisnis. Membantu program pendidikan dan mendidik karakter anak-anak sekolah dapat menjadi strategi yang tepat, karena internalisasi kebajikan akan sangat efektif jika dilakukan sejak usia dini.
  • Perusahaan dapat membangun sekolah atau meningkatkan kualitas sekolah yang sudah ada untuk menerapkan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter”. Nama sponsor dan logo akan diletakkan di setiap papan tanda sekolah.
  • Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter adalah model belajar yang menyenangkan, sehingga semua anak-anak bersemangat untuk pergi ke sekolah. Program sekolah Semai Benih Bangsa(SBB) untuk membangun sekolah PAUD/TK dirancang untuk menjadi inisiatif masyarakat, yaitu dikelola dan didukung oleh masyarakat setempat, atau meningkatkan kualitas sekolah yang sebelumnya sudah berjalan secara mandiri, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk operasional sekolah selanjutnya. Banyak bukti telah menunjukkan bahwa ketika sekolah SBB PAUD/TK telah dibuka, jumlah anak-anak yang berpartisipasi akan meningkat setiap tahun, dan sekolah-sekolah tersebut tidak akan pernah ditutup. Ini membuktikan bahwa program ini akan terus keberlanjutan.
  • Sponsor perusahaan dapat menggunakan sekolah SBB untuk kegiatan pengembangan masyarakat lainnya. Misalnya, Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Pendidikan Parenting, Pendidikan Kesehatan dll (sebagian besar anak-anak pergi ke sekolah dengan para ibu mereka, yang karena jarak dan ongkos, akan menunggu anak-anak mereka di sekolah PAUD/TK sampai sekolah berakhir . Ini adalah sistem pengelompokan alami wanita yang dengan sukarela datang setiap hari tanpa melakukan aktivitas berarti selama sekitar 3 jam sehari. Mereka adalah ibu-ibu miskin yang memiliki potensi untuk dididik dan diberdayakan, sehingga mereka dapat menjadi lebih produktif). Oleh karena itu, membuat kegiatan untuk ibu-ibu sambil menunggu anak-anak mereka dapat dibuat dalam skema program CSR perusahaan.

edy

carolyn

atria

jery

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi

Rahma Dona
Divisi Training dan Semai Benih Bangsa

Jl. Raya Bogor KM 31 No. 46
Cimanggis Depok 16951
West Java Indonesia
Phone: +62 21 8712022
Fax : +62 21 8710539
Email : [email protected]