Semai Benih Bangsa

Program Semai Benih Bangsa

Program Semai Benih Bangsa (SBB) untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk mempunyai akses pendidikan berkualitas tinggi, berupa pendirian PAUD/TK “Semai Benih Bangsa” atau pengadopsian model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di sekolah-sekolah yang sudah ada (PAUD/TK/RA dan Sekolah Dasar/Madrasah).

 

IHF mengundang para sponsor baik individu, perusahaan dan organisasi untuk membantu sekolah-sekolah, khususnya di masyarakat miskin, untuk memiliki akses ke pendidikan berkualitas tinggi.
Program SBB memfokuskan pada pendidikan yang dapat menjadikan anak kreatif, cerdas, dan berkarakter seperti yang telah ditunjukkan oleh beberapa hasil penelitian independen. IHF Banyak bukti telah menunjukkan bahwa keberadaan sekolah SBB telah membuat karakter para orang tua dan masyarakat sekitar menjadi lebih baik, karena ternyata anak-anak bisa menjadi agen perubahan di rumah dan lingkungan sekitarnya.

IHF menyediakan paket bagi para sponsor/donatur yang ingin mengadopsi program SBB dengan menerapkan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter secara komprehensif yang mencakup pelatihan guru selama 10-12 hari, penyediaan semua sumberdaya yang diperlukan untuk proses kegiatan belajar mengajar (termasuk modul-modul karakter, rencana pelajaran tematik integratif berbasis karakter, buku-buku cerita bertemakan karakter, lagu mendidik karakter dalam sebuah rekaman cd, buku-buku referensi guru, APE atau alat permainan edukatif untuk membangun karakter, dan petunjuk yang jelas tentang cara menerapkan.

Tujuan Program SBB:

  1. Memberikan akses kepada masyarakat kurang mampu untuk memperoleh pendidikan berkualitas tinggi melalui penerapan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK).
  2. Terjaminnya kualitas pendidikan dengan memberikan pelatihan guru yang berstandar tinggi, kurikulum, modul, alat mengajar, alat-alat permainan edukatif, buku-buku cerita karakter dan buku literatur untuk guru)
  3. Mendorong masyarakat & lembaga non-pemerintah (individual & perusahaan) untuk berperan aktif dalam membangun karakter masyarakat Indonesia (dapat diadopsi oleh perusahaan/korporasi dalam bentuk program CSR, misalnya: ExxonMobil, Pundi Amal SCTV, Ancora Foundation, dll

Bagi sekolah-sekolah PAUD/TK/RA dan SD yang berada di lingkungan kurang mampu baik di daerah perkotaan maupun pedesaan dan tertarik untuk mengikuti program SBB, silahkan menghubungi IHF dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan nama sekolah ke kantor IHF untuk dimasukan ke dalam daftar tunggu. Apabila sponsor sudah ada, IHF akan memanggil sekolah yang sudah terdaftar.
  2. Menyiapkan 2 orang guru untuk dilatih (Kepala Sekolah dan 1 orang guru) bagi TK/PAUD/RA, dan 13 orang guru untuk SD (1 Kepala Sekolah, dan 12 guru kelas 1 sampai kelas 6).
  3. Bersedia mengikuti Pelatihan guru selama 10 hari untuk guru PAUD/TK. dan 12 hari untuk guru SD (2 putaran @ 6 hari).

foto untuk bagian program semai benih bangsa